Kopi Gading Cempaka, ‘Recommended Coffee Bengkulu’

Home » General » Kopi Gading Cempaka, ‘Recommended Coffee Bengkulu’

Kopi Gading Cempaka, ‘Recommended Coffee Bengkulu’

Puluhan tentara yang tergabung dalam Pacific Partnership 2018 silih berganti mendatangi stand penjualan kopi ‘Gading Cempaka’ yang berada di area dermaga pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, Jum’at 06 April 2018.

Salah satunya adalah Moore, tentara wanita dari USS Navy bersama seorang tentara wanita Iangsung memesan dua gelas kopi arabika.

Setelah kopi disajikan, tanpa sungkan sajian kopi panas itu langsung disruputnya. “This is very good coffee, sweet, and real,” ucapnya.

Kemudian Moore mendengarkan menjelaskan dari penjual terkait perbedaan kopi Gading Cempaka dengan kopi lain. Kopi Gading Cempaka merupakan produk lokal asli dari petani kopi Bengkulu. Kopi ini melewati proses yang sangat panjang. Mulai dari pemetikan biji kopi di batang yang benar-benar merah masak, proses penjemuran yang baik, hingga sortasi biji utuh hingga proses penggorengan (roasting).

“It’s recommended coffee for my friend,” ujar Moore sepontan.

Benar saja, beberapa saat kemudian usai dia berlalu, teman-temannya rela antri untuk menikmati cita rasa kopi Robusta Bengkulu.

Sementara itu, Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin menambahkan, dirinya mengapresiasi kehadiran kopi Gading Cempaka yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pacific Partnership.

“Luar biasa, kopi Gading Cempaka dirasakan oleh tentara Amerika,” ucap Danlanal singkat.

Bukan tanpa pertimbangan Danlanal Bengkulu merekomendasikan Kopi Gading Cempaka ikut dalam Pacific Partnership. Menurutnya, kopi Gading Cempaka memiliki rasa rasa khas yang layak untuk ditampilkan di berbagai event untuk memperkenalkan hasil olahan asli Bengkulu.

“Ini lo kopi Bengkulu,” tutupnya.

Kesempatan ini tentu sangat langka mengingat kegiatan ini bukanlah agenda tahunan digelar di Indonesia. Melainkan kegiatan yang berpindah-pindah negara sesuai dengan negara yang terlibat.

Sesuai jadwal, Kopi Gading Cempaka akan berpartisipasi mulai tanggal 29 Maret-12 April 2018.

Untuk diketahui bahwa Kapal Rumah Sakit USNS Mercy Lego telah menjangkar di sekitar Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, berjarak sekira 1,5 mil di depan alur pelabuhan, pada Kamis 29 Maret 2019.

Bengkulu menjadi tuan rumah dalam kegiatan latihan bersama Pacific Partnership 2018.

Kedatangan ratusan tentara asing di kapal USNS Mercy dalam rangka kegiatan tanggap darurat kebencanaan.

Tentara Amerika Serikat bersama tentara dari 16 negara lain yang tergabung dalam Latma Pacific Partnership menggandeng Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu dan akan mengadakan simulasi tanggap bencana, seminar, penyuluhan kesehatan, membangun shelter di Kota Bengkulu dan di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Acara sendiri sudah dibuka secara resmi pada Senin (2/4) pekan lalu. Acara pembukaan digelar di lapangan kantor Gubernur Bengkulu yang akan dibuka oleh Kasum TNI AL, Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan.

Kapal USNS Mercy merupakan rumah sakit apung milik negara Paman Sam. [*]

By | 2018-07-11T05:46:25+00:00 06/04/2018|General|

Leave A Comment